Selasa, 14 Februari 2017

Informasi Wisata Indonesia - Info Lokasi Liburan Secara Online

Informasi Wisata Indonesia - Merencanakan liburan seringkali bisa jadi melelahkan dan membingungkan. Namun, di masa sekarang ini, web bisa jadi panduan untuk membantu Anda merencanakan liburan yang sempurna. 

Fakta ini diungkapkan lewat survei Travel Smart yang dilakukan Agoda.com. Menurut survei, voyager masa kini lebih memercayai situs brave semacam discussion dan blog sebagai acuan dalam merencanakan perjalanan. Situs-situs ini menempati posisi pertama sebagai pilihan voyager ketika mereka ditanyakan tentang narasumber mana yang dijadikan panduan terpercaya saat hendak berwisata.

Informasi Wisata Indonesia - Pilih Info Lokasi Liburan Secara Online

"Hasil ini tidaklah mengherankan. Di saat mereka mengeksplorasi web dan mendapatkan beragam sumber informasi, mereka bisa mencari informasi apapun yang diperlukan dan belajar dari pengalaman para voyager lain yang dibagikan di web dalam waktu cepat, beda dari masa sebelumnya," ucap John Brown, Kepala Pelaksana Operasional Agoda.com dalam pernyataan yang diterima CNN Indonesia. 

Di posisi kedua, blog dan situs perjalanan pribadi juga jadi acuan 28 persen voyager. Meski demikian, masih ada juga orang yang lebih suka mencari information perjalanan wisata lewat media cetak (12 persen). 

Informasi Wisata Indonesia - Pilih Info Lokasi Liburan Secara Online

Berikut sumber panduan wisata terbaik versi Travel Smart: 

Gathering on the web 34 persen 

Blog dan situs perjalanan pribadi 28 persen 

Masukan dari penduduk setempat 13 persen 

Buku panduan wisata cetak 12 persen 

Aplikasi Perjalanan (applications) 9 persen 

Lain-lain 4 persen 

Keinginan mereka untuk mencari data wisata online ini bukan hanya sekadar karena kepraktisannya. Namun, kemudahan dan cepatnya mereka mendapat information juga jadi pertimbangan. Kemudahan mendapat informasi ini didapatkan juga dari kesediaan explorer di seluruh dunia untuk berbagi cerita perjalanannya. 

Sekitar 79 persen responden menyatakan kalau mereka akan mengunggah ulasan, komentar di blog atau media sosialnya tentang pengalaman wisata mereka. Pengalaman yang ditulis biasanya seputar tentang lokasi wisata yang mereka singgahi, restoran tempat mereka makan dan juga inn tempat menginap. 

Hal ini juga sesuai tren yang berkembang sekarang ini, yaitu ngeblog. Lewat blog mereka bisa berbagi cerita apapun sesuai keinginan mereka. 

Ada sekitar 25 persen orang yang gemar berbagi ulasan perjalanan mereka lewat media sosial. Sedangkan 16 persen lainnya lebih suka berbagi lewat gathering dan blog. Hanya saja masih ada orang yang enggan berbagi cerita keseruan perjalanannya secara on the web. Dengan berbagai alasan, ada 21 persen wisatawan yang tak memberi ulasan mereka secara on the web.