Rabu, 11 Januari 2017

Informasi Wisata Kuliner Indonesia - Kuliner Bandung Soto Ojolali

Informasi Wisata Kuliner Indonesia - Soto Bandung memang punya ciri khas yang berbeda dibanding dengan soto daerah lain. Kalau di Makassar, soto (atau di sana disebut coto makassar) terkenal dengan kuahnya yang "keruh" akan tetapi kaya rempah, soto pekalongan (tauto) memikat dengan bumbu tauconya, soto lamongan kaya akan taburan koya, soto sokaraja dengan tambahan bumbu kacangnya, soto bogor menggoda dengan kuah kuningnya, soto banjar, soto medan, soto padang dan masih banyak lagi aneka soto yang ada di pelbagai daerah di Indonesia. Nah jadi apa ciri khas yang membedakan soto bandung? Penggunaan lobak putih dan kacang kedele yang bisa kita temukan di dalam kuah bening yang segar menjadi ciri utama dari Soto Bandung ini, selain potongan daging sapi yang menjadi "menu utama" dari sajian ini. Nikmatilah ketika hangat bersama nasi dan kerupuk, maka kita akan menemukan kenikmatan sajian kuliner Bandung yang tidak hanya memanjakan lidah, tapi membawa kita merasuk ke air kota Bandung yang sejuk.

 

Informasi Wisata Kuliner Indonesia - Kuliner Bandung Soto Ojolali Paling Enak

Tidak banyak penjaja Soto Bandung bisa kita temukan walau di kota asalnya, tapi ada satu yang sudah sangat melegenda dan menjadi "top of brain" jika kita berbicara soto bandung ini. Namanya Soto Ojolali, agak foolish memang ketika berbicara soto di ibu kota Jawa Barat ini tapi namanya malah mengambil bahasa Jawa, tapi itu bukanlah sesuatu yang harus diperdebatkan, karena begitu rasa yang berbicara maka kita akan lupa remeh temeh mark seperti itu.

Informasi Wisata Kuliner Indonesia - Kuliner Bandung Soto Ojolali Menggugah Selera

Informasi Wisata Kuliner Indonesia - Soto Ojolali layak disebut sebagai legenda hidup kuliner Bandung. Bagaimana tidak, Soto ini sudah ada sejak tahun 1939, nom de plume lebih tua usianya dibanding negeri ini sendiri! Saat ini, kedainya dikelola oleh generasi ke 5, dan siap diturunkan ke generasi keenamnya. Saat ini cabang Soto Ojolali sudah "mengepung" kota Bandung. Tidak cuma di pusatnya di Jl Cibadak, kini soto ini juga bisa ditemukan di berbagai shopping center di kota Bandung, Jl. Ahmad Yani, Jl. Banteng dan sebagainya. Smell gurih segar dari kuah soto ojolali dengan semburat wangi daun surawung memang terbukti sukses membuat banyak lidah orang kesulitan melupakannya. 

Peta dan Alamat Soto Ojolali: 

Jl. Cibadak No. 79, Bandung 

Koordinat GPS: - 6.921770, 107.601223