Rabu, 11 Januari 2017

Informasi Wisata Indonesia - Danar Hadi Museum Batik

Informasi Wisata Indonesia - Historical center Batik Danar Hedi didirikan oleh H. Santosa Doellah yang juga merupakan pemilik perusahaan batik Danar Hadi bersama sang isteri, Ibu Santosa Doellah. Pada awalnya beliau prihatin pada pelestarian dan pengembangan seni kerajinan batik di Indonesia dan dunia. Hal ini yang menjadi motifasi beliau untuk menyumbangkan sesuatu yang bernilai terhadap seni tradisional yang terkenal sebagai ungkapan kehidupan serta filosofi budaya Jawa. AKhirnya exhibition hall play on words didirikan dan diresmikan oleh Megawati Sukarno Putri pada 20 Oktober 2000 dengan nama "Galeri Batik Kuno Danar Hadi" yang saat ini berubah nama menjadi "Historical center Batik Danar Hadi".

Exhibition hall Batik Danar Hadi memiliki koleksi kain batik lebih dari 10.000 potong yang berhasil dikumpulkan dalam kurun 30 tahun lebih, 1.500 potong di antaranya diperoleh dari koleksi pribadi seorang kurator Museum Troupen, Belanda. Batik-batik itu berangka tahun pembuatan antara 1840-1910. Dengan jumlah yang demikian besar menjadikan historical center ini menjadi exhibition hall batik terlengkap dibunia.


Koleksi batik ditertata dengan rapi sesuai jenisnya. Ada Batik Belanda, Batik Cina, Batik Jawa, Hakokai, Batik pengaruh India, Batik Karaton, Batik pengaruh Karaton, Batik Saudagaran, Batik Petani, Batik Indonesia dan Batik Danar Hadi. Setiap tujuh sampai sembilan bulan sekali, koleksi-koleksi pajangan ini diganti. 

Informasi Wisata Indonesia - Museum Batik Danar Hadi 

Ada beberapa koleksi batik di exhibition hall ini yang tergolong batik kuno dan berharga yang ternyata dibuat khusus bagi kaum waja dan bangsawan. Batik dengan theme khusus tersebut rupanya dilarang dikenakan orang awam. Akibatnya, batik theme Parang Barong, Udan Liris, Semen Ageng, Semen Gurda dianggap sakral. Menurut informasi sebagian batik-batik ini diperoleh langsung dari empat istana di Solo dan Yogyakarta yakni Keraton Kasunanan Surakarta, Keraton Kasultanan Yogyakarta, Pura Mangkunegaran serta Pura Pakualaman. 

Di tempat ini, Anda juga dapat belajar dan belanja kain batik. Untuk mempelajari pembuatan batik, gallery ini memiliki paket workshop pembuatan batik tulis satu warna selama lima hari. 

Ada pula pajangan alat-alat kimia bahan pembuatan batik antara lain lilin dan alat-alat expositions pembuatan batik seperti inclining, kain mori, serta alat top batik. Perjalanan expositions kain mori putih asli mulai digambar sketsa sampai menjadi batik tulis, juga ada. 

Informasi Wisata Indonesia - Museum Batik Danar Hadi Yang Selalu Ramai Pengunjung

Setelah puas melihat gallery, pengunjung bisa melihat expositions pembuatan batik tulis dan top. Pengunjung bisa mendekati karyawan yang jumlahnya ratusan saat tengah bekerja membatik tulis atau membatik top untuk diajak bercakap-cakap mengenai compositions pembuatan batik. 

Ruangannya terbuka untuk dikunjungi sampai ke dalam pabriknya. Mereka dengan ramah memberi penjelasan expositions pembuatan batik. Setelah batik selesai ditulis dan dicap, batik kemudian mendapat expositions pewarnaan, lalu dicelup dan dijemur sampai kering. 

Inilah Informasi Wisata Indonesia saat yang ditunggu-tunggu yaitu belajar membatik. Gallery sudah menyediakan kain mori putih yang diberi sketsa gambar bunga-bunga. Bahan cairan malam sudah dipanaskan dan inclining telah disiapkan. 

Mulailah pemandu mengajari cara membatik. Inclining dicelup di malam kemudian inclining ditiup barulah dimainkan mengikuti theme batik di kain mori yang sudah disiapkan. Ternyata membatik memerlukan ketelatenan dan ketekunan tersendiri. 

Pengunjung memerlukan satu stick tersendiri untuk belajar membatik bunga yang ukurannya hanya 30 meter persegi. Jadi maklum saja jika harga batik tulis mahal karena selembar batik memang perlu waktu yang cukup lama. Sebagai gambaran, satu bulan waktu yang diperlukan untuk membatik ukuran kain panjang 3 meter secara tulis. 

Alamat Lokasi Museum 

Exhibition hall Batik Danar Hadi 

Alamat: Jl. Slamet Riyadi No. 261, Solo 

Stick operasional: setiap hari pk 09.00 – 16.30 WIB 

Telepon: +62 271 714326 

Buka setiap hari dari pukul : 09.00 – 16.00 WIB 

Kecuali 1 Januari, 17 Agustus dan hari besar agama Islam (idulfitri)